CARA MENERAPKAN BLUE OCEAN STRATEGY
Blue ocean strategy adalah istilah
dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada siasat untuk menciptakan pasar
baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan
menciptakan dan menjangkau demand baru yang belum dipikirkan oleh para pesaing.
Sebagai contoh, Apple dengan produk
iPodnya. Dulu sebelum produk ini muncul hampir tidak ada pemain dalam industri
musik digital. Semuanya bersaing dalam pasar tradisional, yakni pasar musik
melalui kaset atau CD. Kemudian Apple menciptakan media iPod dan dengan itu
mereka sukses menciptakan permintaan atau pasar baru; yakni pasar musik
digital.
Esensi dari strategi blue ocean
adalah mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru yang masih belum disadari
oleh pemain lain. Dengan demikian suatu perusahaan bisa melenggang sendirian
menguasai pasar itu; sebelum para pemain lain menyadarinya.
Untuk bisa melakukan strategi blue
ocean secara baik maka kita bisa menggunakan apa yang disebut sebagai strategy cnavas.
Alat ini pada dasarnya merupakan alat diagnostik untuk membangun strategi Blue
Ocean. Alat ini membantu kita mengidentifikasi current state of play dan
memungkinkan anda untuk memahami :
• Arah persaingan dalam industri
• Faktor-faktor yang sedang dipersaingkan dalam industri – baik mencakup aspek produksi dan pelayanan
• Apa yang diterima konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasaran
• Arah persaingan dalam industri
• Faktor-faktor yang sedang dipersaingkan dalam industri – baik mencakup aspek produksi dan pelayanan
• Apa yang diterima konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasaran
Selain strategy canvas, kita bisa
melakukan blue ocean strategy dengan menggunakan Four Action Framework. Aksi
empat elemen ini merujuk pada hal berikut :
1. Eleminasi : Faktor (fitur) apa
yang taken for granted, namun sebenarnya bisa dieliminasi? Dalam industry Anda,
fitur apa yang sebenarnya tidak begitu penting namun karena kebiasaan, selalu
ditawarkan kepada pelanggan.
2. Mengurangi : Faktor (fitur) apa
yang sebaiknya dikurangi jauh di bawah standar industri? Dalam industri Anda,
fitur apa yang sebaiknya dikurangi karena tidak memberikan value yang tinggi
kepada pelanggan.
3. Meningkatkan : Faktor (fitur) apa
yang sebaiknya ditingkatkan jauh di atas standar industri? Dalam industri Anda,
fitur apa yang sebaiknya diberikan karena mampu memberikan value yang sangat
tinggi kepada pelanggan; meski mungkin fitur ini sudah ditawarkan oleh para
pesaing.
4. Menciptakan : Faktor (fitur) apa
yang sebaiknya diciptakan yang belum pernah ditawarkan oleh industri? Dalam
industri Anda, fitur baru apa yang sebaiknya diciptakan; fitur baru yang mampu
memberikan value tinggi kepada pelanggan, dan selama ini belum pernah ditawarkan
oleh pelanggan.
- See more at:
http://rajapresentasi.com/2009/07/cara-menerapkan-blue-ocean-strategy/#sthash.OlsN2iqb.dpuf
Kata
yang termasuk kedalam :
Sinonim
:
-
Merujuk = berpacu
-
Pesaing = musuh
-
Muncul = tampil
-
Menciptakan = membuat
-
Menggunakan = memakai
Antonim
:
-
Jauh = dekat
-
Diterima = ditolak
-
Tinggi = rendah
-
Baru = lama
-
Bawah = atas
Homonim
:
-
Bisa = bisa
Homofon
: ----
Homograf
: ----
Hipernim
: ----
Hiponim
: ----
Tidak ada komentar:
Posting Komentar