Di zaman modern seperti
sekarang ini yang segala sesuatunya serba canggih tidak jarang orang-orang
memanfaatkan fasilitas yang tersedia, perubahan dari waktu-kewaktu terlihat jelas
sekali dari sisi teknologi. Begitupun perusahaan-perusahaan besar yang
memanfaatkan teknologi sebagai media promosi produknya. Tetapi tidak hanya
perusahaan besar saja yang memanfaatkan teknologi yang tersedia
perusahaan-perusahaan kecil atau menengahpun memanfaatkannya. Berbagai macam
cara promosi dapat dilakukkan untuk suatu produk yang akan diperdagangkan yaitu
melalui media iklan televisi, radio, koran, media social, dan mouth to mouth.
Media social adalah
sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring social, wiki, forum dan
dunia virtual. Di zaman yang semakin berkembang ini banyak sekali ditemukan di
berbagai media social iklan produk-produk, mulai dari makanan, pakaian, sepatu,
elektronik, dan sebagainya. Yang bertujuan untuk menyebarkan informasi produk
kepada target pasar potensial, mendapatkan kenaikkan penjualan dan profit/laba,
mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, menjaga kestabilan
penjualan ketika terjadi lesu pasar, membedakan serta mengunggulkan produk
dibandingkan pesaing, membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan
yang diinginkan, mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen. Tujuan promosi
melalui media social ini sama seperti
promosi melalui media lain, hanya saja disini perbedaannya yaitu tidak
memerlukan biaya yang banyak untuk promosi produk, karena berbagai macam situs
yang tersedia dan mennyajikan layanan-layanan promosi. Dan biasanya barang/jasa
yang ditawarkan melalui internet lebih murah harganya. Serta yang terjadi
melaui media social target pasar luas, tidak hanya untuk satu daerah yang sama
saja tetapi juga pasti akan menyebar ke berbagai daerah, kota, luar pulau,
bahkan bisa sampai ke luar negeri. Permasalahan yang di hadapai melalui media social
dari sisi konsumen yaitu konsumen tidak dapat mengecek langsung fisik barang
yang diinginkan dan tidak dapat memeriksa apakah barang tersebut mulus atau
cacat, pembayaran harus melalui transfer, penerimaan barang melalui pengiriman
terkadang suka terlambat, tidak dapat melakukkan penawaran produk karena
melalui media sosoal. Permasalahan dari sisi Produsen yaitu tidak dapat
berkomunikasi secara langsung dengan konsumen, dan tidak dapat meyakinkan
konsumen, konsumen membatalkan pembelian.
Sebaiknya perusahaan-perusahaan
besar maupun kecil membuat keterangan yang mendetail terhadap produk yang akan
dipasarkan melalui media social hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen
dalam mengklasifikasikan produk yang akan mereka beli, tidak hanya detail
produk saja tetapi harga juga bisa langsung dicantumkan. Begitu pula dengan
ukuran yang disediakan oleh produk yang di jual, kemudian mencantumkan no
rekening perusahaan/produsen yang menjual suatu produk agar konsumen yang
tertarik dapat langsung melakukkan pembelian dan pembayaran melalui rekening
yang tersedia, hal ini sebagai bentuk kesiapan perusahaan dalam promosi
produknya melalui media social.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar